Kabupaten Tanah Laut Segera Menyusun Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026
Sosialisasi TPB/ SDGs Kabupaten Tanah Laut

By Administrator 12 Sep 2023, 13:31:54 WIB Perencanaan Makro
Kabupaten Tanah Laut Segera Menyusun Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026


Kabupaten Tanah Laut telah berkomitmen penuh dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2022, tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Kabupaten Tanah Laut saat ini sedang melakukan penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah TPB/SDGs tahun 2022 – 2026 yang disesuaikan dengan RPJMN 2020 – 2024 dan RPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024 – 2026.


Bertempat di Balai Mangkubumi Bappeda Kab. Tanah Laut, telah dilaksanakan Sosialisasi Penginputan Matrik 1 dan 2B Kabupaten Tanah Laut Rangka Penyusunan RAD TPB SDGs Kabupaten Tanah Laut yang dihadiri oleh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (12/9/2023). Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Muhammad Nur, S.Pd, Ma, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Lainnya :


Menurut narasumber, pencapaian target TPB/SDGS menjadi Prioritas Pembangunan Nasional. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan: (1). Memerlukan Sinergi Kebijakan Perencanaan di Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi Maupun Kabupaten/Kota; (2). Merupakan Sebuah Konsep Pembangunan dengan Mempertimbangkan Berbagai Macam Aspek, Potensi dan Karakteristik yang Ada Pada Suatu Daerah; (3). Memerlukan Komitmen Tidak Hanya dari Pihak Pemerintah Namun Juga Perlu Melibatkan Seluruh Stakeholder Seperti Pemerintah dan Parlemen, Filantrofi Dan Pelaku Usaha, Akademisi dan Pakar, Organisasi Masyarakat dan Media, serta Pihak Terkait Lainnya.


Kehadiran TPB/SDGs mempunyai peranan yang sangat besar sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan di daerah. Capaian indikator TPB/SDGs dapat dijadikan sebagai media evaluasi dan komparasi keberhasilan daerah dengan daerah lain, serta sebagai indikator untuk mendeteksi isu strategis yang ada, sehingga pemerintah daerah dapat menentukan kebijakan rencana program yang sesuai dan tepat sasaran untuk dapat mengatasi isu tersebut.


Sosialisasi yang dilaksanakan akan ditindaklanjuti dengan Desk Verifikasi Indikator SDGs antara SKPD dengan Bappeda dan didampingi oleh Badan Pusat Statistik Kab. Tanah Laut, yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-19 September 2023 (ANGGI).